Show simple item record

dc.contributor.authorYatiningsih, D
dc.contributor.authorWicaksono, AA
dc.contributor.authorAnwar, MFN
dc.date.accessioned2024-01-20T05:55:58Z
dc.date.available2024-01-20T05:55:58Z
dc.date.issued2024-01-29
dc.identifier.urihttps://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/3580
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Talking Stick pada siswa kelas II PKn di SDN Andonosari IV Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Metode analisis dalam penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian kelas II yang berjumlah sebanyak 11 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi serta soal tes. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus 4 kali pertemuan setiap siklus terdiri atas empat bagian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis dinyatakan bahwa melalui pendekatan kooperatif tipe talking stick memiliki perbedaan pencapaian ketuntasan hasil belajar ketidakberhasilan peneliti siklus I dikarenakan adanya beberapa kendala yang dihadapi Model Kooperatif Talking Stick Berdasarkan hasil Tindakan Siklus I, seluruh siswa mendapat nilai 54,36 siswa yang mendapat nilai tuntas pada kategori tersebut, 4 siswa dari 11 orang. Hasil tindakan pada siklus I pertemuan II diberikan rata rata hasil belajar siswa sebesar 63,54, yang terdiri dari kategori Baik dengan persentase 54,54% jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dari 11 siswa. Kesimpulannya adalah penelitian berhasil apabila ketuntasan setiap individu siswa memenuhi paling sedikit 66. Apabila nilai tersebut tidak terpenuhi, maka ketuntasan siklus I tidak dapat dikatakan berhasil karena masih harus melalui beberapa perbaikan. Karena adanya koreksi kesalahan pada siklus I pertemuan II, maka Hasil Belajar Individu Siswa siklus I pertemuan II seluruhnya kurang lebih sebesar 73,62 dengan kategori baik dengan persentase 72,72% siswa tuntas sebanyak 8 individu dari 11 orang. bagian siklus II pertemuan 2 dihasilkan nilai rata- sebesar 91,81 yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 91% dengan individu yang tuntas sebanyak 10 individu dari 11 orang. ketuntasan belajar individual dan klasikal pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa hasil belajar PKn kelas II SDN Andonosari IV Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan mengalami peningkatanen_US
dc.description.sponsorshipYayasan Bina Patria Nusantaraen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewien_US
dc.subjectTalking Stick, Hasil belajar, PKnen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Kelas II SDN Andonosari IV Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0703029101
dc.identifier.nidnNIDN0703069203
dc.identifier.nimNIM2018720024
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI86206#PENDIDIKANGURUSEKOLAHDASAR


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record