Fakultas Ilmu Pendidikan
Browse by
Sub-communities within this community
-
Pendidikan Biologi [30]
Program Studi Pendidikan Biologi -
Pendidikan Guru Sekolah Dasar [72]
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar -
Pendidikan Matematika [2]
Program Studi Pendidikan Matematika
Recent Submissions
-
Pengaruh Pembelajaran Best Practice Terhadap Karakter Kedisiplinan Siswa Kelas II di SD Negeri 2 Mulyoagung Kabupaten Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa kelas II SD Negeri 2 Mulyoagung dengan menggunakan metode eksperimen semu dan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk ... -
Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN Dinoyo 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan penelitian untuk peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III tema 2 pembelajaran 1 muatan bahasa indonesia matematika dan SBdP dengan menggunakan metode Numbered Head Together di SDN ... -
Upaya Guru Dalam Menerapkan Kearifan Lokal Tari Manuk Dadali Pada Muatan SBdP Dengan Model Pembelajaran Tipe Stad di Kelas V DN Merjosari 03 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas V SDN Merjosari 03 Kota Malang dengan memanfaatkan paradigma pembelajaran STAD mampu menerapkan pengetahuan lokal pada mata pelajaran (SBdP). Penelitian ... -
Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SDN Tlogomas 1 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh lingkungan rumah terhadap prestasi akademik siswa kelas VI di SDN Tlogomas 1, Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif. ... -
Peningkatan Hasil Belajar SBdP Kelas IV SDN 12 Nangalot Kalimantan Barat Melalui Modul Pembelajaran Kearifan Lokal Kerajinan Tangan (Arangan)
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan modul pembelajaran SBdP yang valid. Tiga validator ahli materi, bahasa dan desain berpartisipasi dalam dua tahap validasi proses pengembangan. Eksperimen ini diikuti oleh 12 siswa ... -
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di MTs. Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Penyelidikan ini berupaya memberikan dasar penilaian kelayakan usulan LKS untuk penyelidikan tertentu. Berikut adalah panduan bermanfaat tentang bagaimana siswa dapat membalas perintah yang diberikan dalam tugas mereka ... -
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pendekatan Kontekstual pada Materi Ekosistem di MTs Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Penelitian pengembangan ini terbatasnya sarana belajar di MTs Muhammadiyah 1 Malang Yang hanya tersedia LKPD buatan dari penerbit sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar, sehingga menyebabkan peserta didik ... -
Peningkatan Hasil Belajar PPKN Materi Budaya Demokrasi Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Siswa Kelas IV SDN 1 Landungsari Kabupaten Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan dari proyek ini adalah menggunakan paradigma pembelajaran Teams Games Tournaments untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang meliputi Budaya Demokrasi di kelas IV SDN ... -
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MTs Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Keterampilan berbicara merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa dan mempunyai peranan sangat penting dalam proses pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA di MTs Muhammadiyah 1 ... -
Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Tingkat Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Karakter Siswa (Studi Kasus di SD Negeri 1 Landungsari Kabupaten Malang)
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pemanfaatan Kurikulum merdeka di sekolah dasar untuk tujuan membina pengembangan karakter siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji dampak kurikulum ... -
Penerapan Pembelajaran Berbasis Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas III SDN 17 Paci Kalimantan Barat
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Untuk meningkatkan hasil belajar, sistem pembelajaran akan disajikan secara menarik, dinamis, dan menyenangkan sehingga peserta didik tidak kelelahan sepanjang pengalaman berkembang. Diantaranya adalah paradigma pembelajaran ... -
Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas III SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Tujuan ujian adalah untuk memperbaiki tingkah laku siswa dan menunjukkan rancangan pada saat mengerjakan tindakan belajar dan berkembang guna memperoleh informasi atau pengungkapan baru, terutama sebagai pembuktian kebenaran ... -
Identifikasi Gaya Belajar Visual Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII A MTS Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Penilaian ini bertujuan untuk mendukung siswa yang terlambat dalam pembelajaran dan perkembangannya, seperti siswa yang kesulitan mengingat dan memahami konten yang disampaikan guru pada saat latihan pembelajaran matematika ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Dalam rangka meningkatkan hasil belajar ekstra pada siswa kelas V di SDN Merjosari 4 Kota Malang, wali kelas ini menggunakan pendekatan pembelajaran responsif tipe Jigsaw dengan menggunakan materi tes yang diposisikan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS Kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Tujuan dari penilaian ini adalah untuk mendemonstrasikan bagaimana pendekatan pembelajaran berbasis isu digunakan di SDN Merjosari 4 Kota Malang guna meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi IPS Kelas V. Penyelidikan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Landungsari
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Pembelajaran menggunakan model STAD ini dilatarbelakangi rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Bagian Tubuh Tumbuhan di kelas IV SD Negeri 1 Landungsari. Hal ini disebabkan karena guru ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Kelas II SDN Andonosari IV Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Talking Stick pada siswa kelas II PKn di SDN Andonosari IV Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Metode analisis dalam penelitian ... -
Penerapan Model Snowball Throwing Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDK Manumuti Kab. Malaka
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan kepada siswa kelas V SDK Manumuti Kab. Kemajuan akademik Malaka. Motivasi penelitian ini bermula dari pengamatan bahwa siswa IPS di SDK Kecamatan Manumuti masih ... -
Upaya Guru Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas V SD Negeri 1 Landungsari Kabupaten Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Analisis ini bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan guru di kelas V dalam mengawal pelaksanaan program self-directed learning. Salah satu manfaat dari tes ini adalah guru lain dapat menggunakannya sebagai panduan ... -
Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ekosistem Kelas VII Di MTS Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami (1) kelayakan Modul untuk pembelajaran berbasis masalah yang di kembangkan. (2) Respon siswa terhadap modul pembelajaran berbasis masalah. Agar eksistensi Pendidikan sangat ...