Skripsi
Browse by
Recent Submissions
-
Pengaruh Pembelajaran Best Practice Terhadap Karakter Kedisiplinan Siswa Kelas II di SD Negeri 2 Mulyoagung Kabupaten Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa kelas II SD Negeri 2 Mulyoagung dengan menggunakan metode eksperimen semu dan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk ... -
Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN Dinoyo 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan penelitian untuk peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III tema 2 pembelajaran 1 muatan bahasa indonesia matematika dan SBdP dengan menggunakan metode Numbered Head Together di SDN ... -
Upaya Guru Dalam Menerapkan Kearifan Lokal Tari Manuk Dadali Pada Muatan SBdP Dengan Model Pembelajaran Tipe Stad di Kelas V DN Merjosari 03 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas V SDN Merjosari 03 Kota Malang dengan memanfaatkan paradigma pembelajaran STAD mampu menerapkan pengetahuan lokal pada mata pelajaran (SBdP). Penelitian ... -
Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SDN Tlogomas 1 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh lingkungan rumah terhadap prestasi akademik siswa kelas VI di SDN Tlogomas 1, Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif. ... -
Peningkatan Hasil Belajar SBdP Kelas IV SDN 12 Nangalot Kalimantan Barat Melalui Modul Pembelajaran Kearifan Lokal Kerajinan Tangan (Arangan)
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan modul pembelajaran SBdP yang valid. Tiga validator ahli materi, bahasa dan desain berpartisipasi dalam dua tahap validasi proses pengembangan. Eksperimen ini diikuti oleh 12 siswa ... -
Peningkatan Hasil Belajar PPKN Materi Budaya Demokrasi Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Siswa Kelas IV SDN 1 Landungsari Kabupaten Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan dari proyek ini adalah menggunakan paradigma pembelajaran Teams Games Tournaments untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang meliputi Budaya Demokrasi di kelas IV SDN ... -
Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Tingkat Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Karakter Siswa (Studi Kasus di SD Negeri 1 Landungsari Kabupaten Malang)
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pemanfaatan Kurikulum merdeka di sekolah dasar untuk tujuan membina pengembangan karakter siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji dampak kurikulum ... -
Penerapan Pembelajaran Berbasis Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas III SDN 17 Paci Kalimantan Barat
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Untuk meningkatkan hasil belajar, sistem pembelajaran akan disajikan secara menarik, dinamis, dan menyenangkan sehingga peserta didik tidak kelelahan sepanjang pengalaman berkembang. Diantaranya adalah paradigma pembelajaran ... -
Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas III SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Tujuan ujian adalah untuk memperbaiki tingkah laku siswa dan menunjukkan rancangan pada saat mengerjakan tindakan belajar dan berkembang guna memperoleh informasi atau pengungkapan baru, terutama sebagai pembuktian kebenaran ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Dalam rangka meningkatkan hasil belajar ekstra pada siswa kelas V di SDN Merjosari 4 Kota Malang, wali kelas ini menggunakan pendekatan pembelajaran responsif tipe Jigsaw dengan menggunakan materi tes yang diposisikan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS Kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Tujuan dari penilaian ini adalah untuk mendemonstrasikan bagaimana pendekatan pembelajaran berbasis isu digunakan di SDN Merjosari 4 Kota Malang guna meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi IPS Kelas V. Penyelidikan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Landungsari
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Pembelajaran menggunakan model STAD ini dilatarbelakangi rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Bagian Tubuh Tumbuhan di kelas IV SD Negeri 1 Landungsari. Hal ini disebabkan karena guru ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Kelas II SDN Andonosari IV Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Talking Stick pada siswa kelas II PKn di SDN Andonosari IV Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Metode analisis dalam penelitian ... -
Penerapan Model Snowball Throwing Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDK Manumuti Kab. Malaka
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan kepada siswa kelas V SDK Manumuti Kab. Kemajuan akademik Malaka. Motivasi penelitian ini bermula dari pengamatan bahwa siswa IPS di SDK Kecamatan Manumuti masih ... -
Upaya Guru Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas V SD Negeri 1 Landungsari Kabupaten Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Analisis ini bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan guru di kelas V dalam mengawal pelaksanaan program self-directed learning. Salah satu manfaat dari tes ini adalah guru lain dapat menggunakannya sebagai panduan ... -
Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Tujuan dari penyelidikan ini adalah untuk mengambil keputusan mengenai evaluasi keterampilan menulis esai siswa sekolah dasar. Tujuan dari evaluasi khusus ini adalah untuk menilai bakat siswa SDN Merjosari 3 yang telah ... -
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas III SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan prestasi akademik siswa di kelas III SDN Merjosari 3 Kota Malang. PTK terdiri dari Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II, dengan dua pertemuan per ... -
Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Kota Batu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Gunungsari 04 Kota Batu
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Kota Batu untuk Meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV di SDN gunungsari 04 Kota Batu yang memiliki kevalidan dari aspek validasi ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Muatan PKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Merjosari 3 Kota Malang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Pada Muatan PKN. Jenis penelitian ini merupakan ... -
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran PPKn Siswa Kelas V di SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Tujuan dari spesialis ini adalah untuk menggambarkan bagaimana Model Helpful Tipe TGT digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa Kelas V di Sdn Merjosari 3 Kota Malang. Pakar ini menggunakan ...