Show simple item record

dc.contributor.authorPuring, YD
dc.contributor.authorWicaksono, AA
dc.contributor.authorSugiharto, FB
dc.date.accessioned2023-07-05T07:27:19Z
dc.date.available2023-07-05T07:27:19Z
dc.date.issued2023-06-29
dc.identifier.urihttps://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/2804
dc.description.abstractDengan menggunakan paradigma pembelajaran kooperatif seperti puzzle, penelitian tindakan kelas ini berupaya untuk meningkatkan prestasi akademik siswa kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama tiga sesi itulah yang dinamakan dengan kegiatan pra siklus, siklus I, dan siklus II penelitian ini. Subyek penelitian adalah 28 siswa kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, observasi, dan wawancara. Selain itu, alat berupa formulir observasi teknik mengajar, formulir observasi aktivitas belajar siswa, dan soal tes digunakan dalam proses pengumpulan data. Instrumen terdiri dari dokumen daftar keterampilan guru dan kegiatan belajar siswa serta daftar pertanyaan wawancara. Pada pertemuan 1 dan 2 siklus II rata-rata kinerja guru masing-masing 87,5% (sangat baik) dan 100% (sangat baik). Namun pada pertemuan 1 dan 2 kinerja aktivitas belajar siswa 83,3% (sangat baik), dan 95,8% (juga sangat baik) pada pertemuan 3. Hasilnya, ditemukan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif mirip dengan jigsaw untuk kurikulum IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang.en_US
dc.description.sponsorshipYayasan Bina Patria Nusantaraen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewien_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; IPA; Hasil Belajaren_US
dc.titlePenggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Muatan IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Merjosari 4 Kota Malangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0703029101
dc.identifier.nidnNIDN0715079003
dc.identifier.nimNIM2018720043
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI86206#PENDIDIKANGURUSEKOLAHDASAR


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record