Show simple item record

dc.contributor.authorSnae, RA
dc.contributor.authorAnwar, MFN
dc.contributor.authorRozhana, KM
dc.date.accessioned2023-03-06T03:52:47Z
dc.date.available2023-03-06T03:52:47Z
dc.date.issued2023-02-28
dc.identifier.urihttps://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/2543
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Merjosari 4 Kota Malang. Bagaimanakah peningkatan hasil belajar aspek kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Merjosari 4 Kota Malang mengunakan model pembelajaran CIRC. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesi pada siswa kelas IV SDN Merjosari 4 Kota Malang. Jika pendidikan adalah sebuah proses maka belajar merupakan perubahan dari proses tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunkan siklus, Perencanan, tindakan, observasi dan Refleksi, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Merjosari 4 Kota Malang yang berjumlah 28 siswa dengan jumlah siswa perempuan 13 orang dan siswa laki-laki 15 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Pada siklus I pertemuan pertama 55,55% siswa nilainya mencapai KKM, dimana dari 27 siswa terdapat 15 orang siswa mencapai KKM. Sedangkan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 70,37% siswa mencapai KKM, dimana terdapat 19 dari 27 orang siswa nilainya mencapai KKM dengan perbandingan peningkatan hasil sebesar 15%. Dilanjutkan siklus II pertemuan pertama, 77,77% siswa mampu mencapai KKM, dimana dari 27 siswa terdapat 21 siswa mampu mencapai KKM dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 88,88% siswa mencapai KKM dimana 24 dari 27 orang siswa mampu memperoleh nilai mencapai KKM dengan perbandingan peningkatan hasil sebesar 25%. Berdasarkan hasil belajar tersebut maka perbandingan hasil siklus I dan siklus II meningkat sebesar 10%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran (CIRC) pada siswa kelas IV SDN Merjosari 4 Kota Malang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model ini sudah layak digunakan dan dikembangkan serta dapat diterapkan oleh tenaga pendidik di Sekolah Dasar (SD)., Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajan CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siwa pada mata pelajaran Bahasa Indonesiaen_US
dc.description.sponsorshipYayasan Bina Patria Nusantaraen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswa, Model Cooperative Integrated Reading and Compositionen_US
dc.titleImplementasi Model Pembelajaran Circ Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN Merjosari 4 Kota Malangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0703069203
dc.identifier.nidnNIDN0704049002
dc.identifier.nimNIM2018720069
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI86206#PGSD


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record