Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "Rozhana, KM"
Now showing items 1-20 of 37
-
Analisis Pembiasaan Berbahasa Jawa di Sekolah Dalam Menanamkan Sikap Cinta Budaya Lokal Pada Kelas III SD Negeri 1 Landungsari Kabupaten Malang
Mamilah, RF; Widodo, W; Rozhana, KM (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa jawa di dalam kelas. Adapun tujuan khusus penelitian ini yakni, (1) Mengamati pembiasaan berbahasa jawa di dalam kelas, (2) penerapan pembiasaan ... -
Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SD Negeri 1 Landungsari)
Sinta, LE; Widodo, W; Rozhana, KM (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum kemandirian di SD Negeri 1 Landungsari. Penelitian ini didasarkan pada gagasan bahwa memperkenalkan kurikulum otonom baru membutuhkan persiapan, ... -
Implementasi Media Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di Kelas II SDN Dinoyo 4 Kota Malang
Jitmau, P; Widodo, W; Rozhana, KM (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Kegiatan eksplorasi wali kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas II SDN Dinoyo 4 Kota Malang dengan menggunakan media puzzle. Prasiklus, siklus I, dan siklus II adalah tiga tahapan penelitian ... -
Implementasi Metode Quantum Learning pada Muatan IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Landungsari Kabupaten Malang
Rozhana, KM; Widodo, W; Mafata, IN (Fakultas Ilmu Pendidikan, 2022-11-29)Peningkatan ilmu pengetahuan dan inovasi telah mendorong pengembangan di berbagai bagian pelatihan, salah satunya adalah bagian dari prosedur pembelajaran. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan penemuan berbasis alam dan ... -
Implementasi Model Pembelajaran Circ Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN Merjosari 4 Kota Malang
Snae, RA; Anwar, MFN; Rozhana, KM (Fakultas Ilmu Pendidikan, 2023-02-28)Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Merjosari 4 Kota Malang. Bagaimanakah peningkatan ... -
Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Landungsari Kabupaten Malang
Rilga, OG; Wicaksono, AA; Rozhana, KM (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Guru hanya mengandalkan penilaian mereka dalam setiap pengalaman belajar karena keterbatasan jabatan dan yayasan, bahkan saat menggunakan jenis pembelajaran yang salah. Pendidik masih sering menggunakan metode pembelajaran ... -
Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Landungsari Kabupaten Malang
Mau, ED; Rozhana, KM; Anwar, MFN (Fakultas Ilmu Pendidikan, 2023-02-28)Penelitian ini akan berfokus pada penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas IV SDN 1 Landungsari Kabupaten Malang dan bagaimana pemanfaatannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ... -
Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN Dinoyo 4 Kota Malang
Ridwan, NJ; Rozhana, KM; Chotimah, C (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-04-29)Tujuan penelitian untuk peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III tema 2 pembelajaran 1 muatan bahasa indonesia matematika dan SBdP dengan menggunakan metode Numbered Head Together di SDN ... -
Implementasi Model Problem Solving pada Muatan IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas III SDN Merjosari 3 Kota Malang
Pati, MW; Rozhana, KM; Anwar, MFN (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Teknik Penjelajahan Kegiatan Balai Kajian (PTK) dengan metodologi ekspresif subyektif. Ini terdiri dari siklus I dan II, dengan setiap siklus memiliki empat tahap persiapan, pelaksanaan, refleksi, dan evaluasi. Selain itu, ... -
Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Sekolah Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Landungsari Kabupaten Malang
Surandoko, T; Rozhana, KM; Sugiharto, FB (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewie, 2023-06-29)Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana siswa kelas IV SDN 1 Landungsari Kabupaten Malang melaksanakan penguatan profil pelajar pancasila berbasis budaya sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian ... -
Implemetasi Nilai Karakter pada Muatan IPS untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang
Jelita, G; Sugiharto, FB; Rozhana, KM (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan sikap nasionalisme siswa pada mata pelajaran IPS. Metode Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Cacah Kelas IV SDN 1 Landungsari Kabupaten Malang
Etolaleng, Y; Anwar, FN; Rozhana, KM (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Ujian ini didasarkan pada kesalahan yang terjadi di SDN 1 Landungsari Kabupaten IV. Di Malang, setelah berkonsultasi dengan wali kelas, diketahui bahwa data berdasarkan hasil tes siswa khas pada topik ilmiah termasuk semua ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Landungsari
Asa, IG; Widodo, W; Rozhana, KM (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Pembelajaran menggunakan model STAD ini dilatarbelakangi rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Bagian Tubuh Tumbuhan di kelas IV SD Negeri 1 Landungsari. Hal ini disebabkan karena guru ... -
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS Kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang
Katoda, K; Rozhana, KM; Anwar, MFN (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Tujuan dari penilaian ini adalah untuk mendemonstrasikan bagaimana pendekatan pembelajaran berbasis isu digunakan di SDN Merjosari 4 Kota Malang guna meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi IPS Kelas V. Penyelidikan ... -
Penerapan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PKn Kelas II SDN Dinoyo 1 Kota Malang
Solo, OT; Rozhana, KM; Chotimah, C (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Tujuan investigasi adalah untuk meningkatkan strategi menampilkan dan perilaku siswa untuk meningkatkan prosedur membantu dan memperluas pengalaman untuk menemukan fakta atau pengungkapan baru. sebagai konfirmasi keakuratan ... -
Penerapan Model Role Playing pada Muatan IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Dinoyo 1 Kota Malang
Karere, SD; Rozhana, KM; Sugiharto, FB (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Dinoyo 1 Kota Malang, pendekatan pembelajaran langsung Membayangkan akan ditampilkan dalam evaluasi ini. Pemeriksaan ini menggabungkan taktik realistis abstrak ... -
Penerapan Pembelajaran Berbasis Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas III SDN 17 Paci Kalimantan Barat
Natalia, Natalia; Rozhana, KM; Sugiharto, FB (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Untuk meningkatkan hasil belajar, sistem pembelajaran akan disajikan secara menarik, dinamis, dan menyenangkan sehingga peserta didik tidak kelelahan sepanjang pengalaman berkembang. Diantaranya adalah paradigma pembelajaran ... -
Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Permainan Tradisional Gobak Sodor Kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang
Ndiing, SW; Rozhana, KM; Sugiharto, FB (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Di kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang permainan tradisional gobak sodor mencakup pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana hal ini terjadi. Penelitian ini ... -
Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Rangkaian Listrik Seri dan Paralel Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Sitirejo
Firiyanti, I; Anwar, MFN; Rozhana, KM (Fakultas Ilmu Pendidikan, 2023-02-28)Siswa di SD Negeri 3 menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah Autotext bersama siswa kelas VI. Penelitian ini bertujuan untuk mendemonstrasikan bagaimana siswa kelas VI SD Negeri 3 Sitirejo Kabupaten Malang ... -
Pengaruh Layanan Perpustakaan Keliling Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 1 Landungsari dan Siswa Kelas V SDN Tlogomas 2 Kota Malang
Octaviani, M; Widodo, W; Rozhana, KM (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-06-29)Tujuan utama penelitian ini adalah menggunakan teknik kuantitatif dan pendekatan eksperimen semu untuk mengetahui minat baca siswa kelas V SD Negeri 1 Landungsari 1 dan anak kelas V SDN Tlogomas 2 agar berdampak pada ...