Browsing Fakultas Ilmu Pendidikan by Issue Date
Now showing items 61-80 of 104
-
Implemetasi Nilai Karakter pada Muatan IPS untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan sikap nasionalisme siswa pada mata pelajaran IPS. Metode Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan ... -
Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia Kelas VIII di MTS Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) validitas modul problem based learning yang dikembangkan. (2) Tanggapan siswa terhadap modul pembelajaran berbasis masalah. Pelatihan memegang peranan penting dalam ... -
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Hasil Belajar IPA Kelas II SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Inspirasi yang melatarbelakangi survey ini adalah untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sumber energi kelas II di SDN Merjosari 4 Kota Malang dengan menerapkan model pembelajaran menyenangkan ... -
Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Lesson Study pada Siswa Kelas VIII SMP Sunan Giri Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran berbasis teknologi yang bertujuan membekali siswa dengan kemampuan abad 21. Keterampilan abad ke-21 meliputi keterampilan 4C. Komunikasinya, kolaborasi, kreativitas, dan berpikir ... -
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas VIII di SMP Negeri 2 Dau Satu Atap
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Pendidikan adalah usaha yang disengaja dan terencana untuk mewujudkan lingkungan belajar dimana peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya dalam hal kekuatan spiritual keagamaan, pendidikan mandiri, ... -
Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Model Diskusi Kelompok Kecil dengan Menggunakan LKPD pada Muatan IPS Siswa Kelas V di SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Tujuan dari tes ini adalah untuk meningkatkan perilaku siswa dan menunjukkan desain dalam rangka menggarap pengalaman mendidik dan mendidik serta mendapatkan informasi atau pengungkapan yang segar. sebagai penambah pengetahuan ... -
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Pencernaan pada Manusia Kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Riset ini bertikam guna mengetahui kevalidan Lembar Kerja peserta didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing yang di kembangkan. Dalam usaha memperoleh data, maka digunakan metode yaitu Injuri, jenis penelitian, tempat dan ... -
Penerapan Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan Role Playing pada siswa kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang serta pertumbuhan hasil belajar siswa selama pengalaman pendidikan ujian sosial dengan Role ... -
Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Kelas VII di MTs Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Riset berikut memiliki tujuan untuk mengevaluasi apakah pembuatan modul mempelajari biologi yang basisnya materi Ekosistem Kelas VII di Mts Muhammadiyah 1 Malang merupakan ide yang tepat. Berbagai teknik penyelidikan, ... -
Pengembagan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Ekosistem Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Kurangnya fasilitas pembelajaran di MTs Muhammadiyah 1 Malang yang hanya menyediakan LKPD yang diproduksi oleh penerbit, menyulitkan siswa dalam belajar dan menyebabkan kecenderungan bosan di kelas, menjadi dasar penelitian ... -
Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Siswa Kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Dengan menggunakan banyak tugas termasuk mengajar, memimpin, dan merencanakan, ujian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran logis yang akan mempersiapkan siswa untuk karir masa depan mereka. Peristiwa ini ... -
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sunan Giri Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Karena kerjasama individu dengan iklim nyata, yang terjadi sepanjang hidup seseorang sejak mereka terbentuk, pelatihan adalah jalur pertumbuhan dan kemajuan. Perkembangan mekanis yang muncul dengan cepat, atau inisiatif ... -
Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Kota Batu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Gunungsari 04 Kota Batu
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Kota Batu untuk Meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV di SDN gunungsari 04 Kota Batu yang memiliki kevalidan dari aspek validasi ... -
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas III SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan prestasi akademik siswa di kelas III SDN Merjosari 3 Kota Malang. PTK terdiri dari Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II, dengan dua pertemuan per ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Muatan PKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Merjosari 3 Kota Malang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Pada Muatan PKN. Jenis penelitian ini merupakan ... -
Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Tujuan dari penyelidikan ini adalah untuk mengambil keputusan mengenai evaluasi keterampilan menulis esai siswa sekolah dasar. Tujuan dari evaluasi khusus ini adalah untuk menilai bakat siswa SDN Merjosari 3 yang telah ... -
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran PPKn Siswa Kelas V di SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Tujuan dari spesialis ini adalah untuk menggambarkan bagaimana Model Helpful Tipe TGT digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa Kelas V di Sdn Merjosari 3 Kota Malang. Pakar ini menggunakan ... -
Pembelajaran Model PBL Dipadu Snowball Throwing dalam Membelajarkan Kreativitas Berbasis Lesson Study Siswa Kelas VII SMP Sunan Giri Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Penelitian ini untuk mengetahui tingkat Kreativitas siswa SMP Sunan Giri Malang pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati di indonesia dan keterlaksanaan Lesson Study siswa kelas VII SMP Sunan Giri pada materi ekologi ... -
Pengembangan Modul pada Materi Sistem Pernapasan Ppada Manusia Kelas VIII di SMP Sriwedari Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Berdasarkan hasil evaluasi, modul pameran materi kerangka pernapasan manusia dinilai Sangat Substansial dan layak digunakan setelah mendapat persetujuan dari validator dari tiga kelompok ahli yaitu ahli media, ahli materi, ... -
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning pada Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa Kelas VIII di SMP Sunan Giri Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-01-29)Pendidikan adalah prosedur pendidikan yang menyampaikan kepada anak-anak gagasan bahwa mereka tidak harus bergantung pada pengetahuan yang diberikan guru; mereka dapat memperoleh informasi dari mana saja. Tujuan dari ...