Browsing Fakultas Ilmu Pendidikan by Issue Date
Now showing items 41-60 of 104
-
Implementasi Program Adiwiyata Dalam Membentuk Kesadaran Lingkungan Siswa (Studi Kasus di SD Negeri 1 Landungsari Kabupaten Malang)
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Fokus kajian pada ini di SD Negeri 1 Landungsari ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kesadaran terhadap alam. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan empat komponen program adiwiyata SD Negeri 1 Landungsari ... -
Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SD Negeri 1 Landungsari)
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum kemandirian di SD Negeri 1 Landungsari. Penelitian ini didasarkan pada gagasan bahwa memperkenalkan kurikulum otonom baru membutuhkan persiapan, ... -
Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pecahan Sederhana Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas III SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pecahan sederhana siswa kelas III SDN Merjosari 3 Kota Malang tahun pelajaran 2022–2023 dengan menggunakan paradigma pembelajaran kooperatif tipe STAD. Merencanakan, ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Cacah Kelas IV SDN 1 Landungsari Kabupaten Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Ujian ini didasarkan pada kesalahan yang terjadi di SDN 1 Landungsari Kabupaten IV. Di Malang, setelah berkonsultasi dengan wali kelas, diketahui bahwa data berdasarkan hasil tes siswa khas pada topik ilmiah termasuk semua ... -
Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Landungsari Kabupaten Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Guru hanya mengandalkan penilaian mereka dalam setiap pengalaman belajar karena keterbatasan jabatan dan yayasan, bahkan saat menggunakan jenis pembelajaran yang salah. Pendidik masih sering menggunakan metode pembelajaran ... -
Pengembangan Lembar Kerja Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Stem Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VIII DI SMP NegerI 2 Satap Dau Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Likuiditas dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Diungkit Dalam penelitian ini, siswa kelas VIII SMPN 2 SATAP DAU Malang akan belajar bagaimana mengatasi masalah pembelajaran pribadi mereka. Investigasi kuantitatif adalah ... -
Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN 1 Landungsari
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Dilihat dari efek sampingan dari led review di kelas I SDN 1 Landungsari menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada Bab 8 tema “Disekitar Rumah” masih rendah. Hal ini terjadi banyaknya siswa yang rendah dalam membaca di ... -
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Siswa Kelas VIII di SMP Sunan Giri Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan keterampilan pemecahan masalah secara mandiri pada siswa kelas VIII SMP Sunan Giri Malang. penelitian yang bertujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan. Tiga puluh anak kelas ... -
Implementasi Model Pembelajaran Hybrid Learning (Studi Kasus di SD Bahrul Maghfiroh Kota Malang)
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Model Pembelajaran Hybrid Learning (Studi Kasus Di SD Bahrul Maghfiroh Kota Malang). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis studi ... -
Pengembangan Video Eksperimen Sains Pada Materi Struktur Jaringan Tumbuhan Kelas VIIIC SMP Negeri 16 Malang Di Masa Pandemi Covid-19
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Pendidikan masa depan ini sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang dengan cepat memajukan ataupun mendorong pembaharuan upaya memasukkan hasil teknologi ke dalam proses pembelajaran. Di masa pandemi Covid-19, ... -
Analisis Pembiasaan Berbahasa Jawa di Sekolah Dalam Menanamkan Sikap Cinta Budaya Lokal Pada Kelas III SD Negeri 1 Landungsari Kabupaten Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-08-29)Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa jawa di dalam kelas. Adapun tujuan khusus penelitian ini yakni, (1) Mengamati pembiasaan berbahasa jawa di dalam kelas, (2) penerapan pembiasaan ... -
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penjumlahan Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas V SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Rendahnya hasil belajar tindakan dan siswa pada materi IPA Perluasan Bagian di kelas V SDN Merjosari 3 menjadi pendorong pembelajaran dengan menggunakan model STAD. Hal ini karena guru tidak menggunakan metode yang melibatkan ... -
Profil Pelajar Pancasila Pada Materi Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan di Sekolah Dasar Negeri Kelas IV Merjosari 04 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Kajian ini berupaya untuk mengetahui sikap siswa Pancasila terhadap agama yang baru saja diimplementasikan di tingkat sekolah dasar, di sekolah dasar. Tujuan penyelidikan ini hanyalah untuk mengetahui bagaimana profil siswa ... -
Penerapan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PKn Kelas II SDN Dinoyo 1 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Tujuan investigasi adalah untuk meningkatkan strategi menampilkan dan perilaku siswa untuk meningkatkan prosedur membantu dan memperluas pengalaman untuk menemukan fakta atau pengungkapan baru. sebagai konfirmasi keakuratan ... -
Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Muatan PKN di SDI Fatubesi Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Metode penerapan Model Pembelajaran Picking-Up Berbasis Tugas untuk Kelas V di SDI Fatubesi Belu Rule dan bagaimana dampak penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap metodologi pengajaran Rejim SDI ... -
Pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V di SDN Tlogomas 2 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Evaluasi ini menunjukkan bagaimana perspektif pembelajaran Make A Match digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Tlogomas 2 Kota Malang. Untuk mengumpulkan data penelitian ini digunakan metodologi ... -
Penerapan Model Role Playing pada Muatan IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Dinoyo 1 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Dinoyo 1 Kota Malang, pendekatan pembelajaran langsung Membayangkan akan ditampilkan dalam evaluasi ini. Pemeriksaan ini menggabungkan taktik realistis abstrak ... -
Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Permainan Tradisional Gobak Sodor Kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Di kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang permainan tradisional gobak sodor mencakup pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana hal ini terjadi. Penelitian ini ... -
Implementasi Model Problem Solving pada Muatan IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas III SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Teknik Penjelajahan Kegiatan Balai Kajian (PTK) dengan metodologi ekspresif subyektif. Ini terdiri dari siklus I dan II, dengan setiap siklus memiliki empat tahap persiapan, pelaksanaan, refleksi, dan evaluasi. Selain itu, ... -
Penggunaan Metode Suku Kata untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDN Tlogomas 2 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggaewi, 2023-09-29)Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode pembelajaran siswa dan dampaknya terhadap hasil belajar membaca pada siswa kelas I di SDN Tlogomas 2, Kota Malang. Metode yang difokuskan dalam penelitian ini ...