Show simple item record

dc.contributor.authorDere, Karolina Kolo
dc.contributor.authorWijaya, EMS
dc.contributor.authorSari, NK
dc.date.accessioned2022-03-25T08:31:36Z
dc.date.available2022-03-25T08:31:36Z
dc.date.issued2022-03-26
dc.identifier.urihttps://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/1264
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan program belajar daring berupa LKS berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kreatif siswa di SMP Negeri 16 Malang. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat 4D (Four D Model). Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Keterlaksanaan kriteria yang ditetapkan dengan melakukan validasi dan uji coba lapangan, validasi dilakukan oleh dua validator yang keduanya adalah dosen pendidikan matematika. Kualitas LKS berbasis Project Based Learning yang dikembangkan dinilai dari aspek isi, bahasa dan desain dengan rata-rata hasil validasi adalah 68,85% . Perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah program belajar daring berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Project Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 16 Malang khususnya kelas VII B dengan jumlah 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, validasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis data program belajar daring berbasis Project Based Learning dapat diterapkan dan terlaksana dengan baik. Hal ini dilihat dari hasil uji coba pada siswa kelompok kecil yaitu respon siswa dengan skor rata-rata 79,16 %, respon siswa kelompok terbatas yaitu kelas VII B dengan rata-rata 73% siswa memberikan skor setuju (S) dan hasil tes siswa dimana 88% siswa mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 75. Dengan demikian siswa dapat dikatakan kreatif karena siswa mampu merancang atau menciptakan hal baru dan mampu mempertanggung jawabkan dan menyelesaikan masalah pada materi himpunan.en_US
dc.description.sponsorshipYayasan Bina Patria Nusantaraen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malangen_US
dc.subjectProgram Belajar, Project Based Learning, Kemampuan Kreatifen_US
dc.titlePengembangan Program Belajar Daring Berbasis Project Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatif Siswa di SMP Negeri 16 Malangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0719019101
dc.identifier.nidnNIDN0715059003
dc.identifier.nimNIM2018730005
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record