Show simple item record

dc.contributor.authorMacin, AA
dc.contributor.authorMitasari, Z
dc.contributor.authorAldya, RF
dc.date.accessioned2023-05-24T04:14:24Z
dc.date.available2023-05-24T04:14:24Z
dc.date.issued2023-04-29
dc.identifier.urihttps://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/2677
dc.description.abstractBerpikir kritis adalah sebuah kemampuan yang tidak dimiliki oleh setiap orang dan merupakan sebuah kemampuan yang penting dan memiliki peran untuk para siswa dalam proses belajar IPA. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk dapat menghubungkan suatu peristiwa dengan pembelajaran yang dilakukan serta kurangnya siswa dalam melakukan analisis serta menuangkannya ke dalam konsep pembelajaran, aspek mengevaluasi masih kurang dilatihkan, aspek eksplanasi siswa kurang mampu dalam memberikan ketetapan serta alasan yang logis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam berpikir kritis saat mengklasifikasikan makhluk hidup saat aktivitas lesson study di kelas VII MTs C Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian yang dilakukan masuk kedalam penelitian deskriptif dengan subjek siswa kelas VII C. prosedur pengumpulan data dilakukan melalui aktivitas lesson study dengan aktivitas plan, do dan see dengan sebuah menggunakan sebuah instrumen dalam mengambil data berupa tes dalam melakukan pemikiran kritis oleh para siswa kemudian didokumentasikan. Teknik analisis yang dipakai merupakan mereduksi data, menyajikan data serta memverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam berpikir kritis pada kelas VII C terkategori tinggi yang dapat dilihat dari tes kemampuan yang mendapatkan hasil bahwa sebanyak 73% siswa memenuhi indikator dalam kemampuan berpikir kritis seperti dapat menganalisis, menginterpretasikan, mengevaluasi, mengeksplanasi serta menginferensi. Secara umum melalui kegiatan lesson study dapat membantu siswa dalam mengembangkan siswa dalam berpikir kritis untuk dapat mengklasifikasikan makhluk hidup.en_US
dc.description.sponsorshipYayasan Bina Patria Nusantaraen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewien_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis; Klasifikasi Makhluk Hidup; Lesson Studyen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Kegiatan Lesson Study : Studi Kasus di Kelas VII Mts Muhammadiyah 1 Malangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0712069002
dc.identifier.nidnNIDN0714039401
dc.identifier.nimNIM2018710053
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI84025#PENDIDIKANBIOLOGI


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record