Fakultas Ilmu Pendidikan: Recent submissions
Now showing items 21-40 of 96
-
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Muatan PKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Merjosari 3 Kota Malang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Pada Muatan PKN. Jenis penelitian ini merupakan ... -
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran PPKn Siswa Kelas V di SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Tujuan dari spesialis ini adalah untuk menggambarkan bagaimana Model Helpful Tipe TGT digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa Kelas V di Sdn Merjosari 3 Kota Malang. Pakar ini menggunakan ... -
Pembelajaran Model PBL Dipadu Snowball Throwing dalam Membelajarkan Kreativitas Berbasis Lesson Study Siswa Kelas VII SMP Sunan Giri Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Penelitian ini untuk mengetahui tingkat Kreativitas siswa SMP Sunan Giri Malang pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati di indonesia dan keterlaksanaan Lesson Study siswa kelas VII SMP Sunan Giri pada materi ekologi ... -
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sunan Giri Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Karena kerjasama individu dengan iklim nyata, yang terjadi sepanjang hidup seseorang sejak mereka terbentuk, pelatihan adalah jalur pertumbuhan dan kemajuan. Perkembangan mekanis yang muncul dengan cepat, atau inisiatif ... -
Pengembangan Modul pada Materi Sistem Pernapasan Ppada Manusia Kelas VIII di SMP Sriwedari Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Berdasarkan hasil evaluasi, modul pameran materi kerangka pernapasan manusia dinilai Sangat Substansial dan layak digunakan setelah mendapat persetujuan dari validator dari tiga kelompok ahli yaitu ahli media, ahli materi, ... -
Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Siswa Kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Dengan menggunakan banyak tugas termasuk mengajar, memimpin, dan merencanakan, ujian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran logis yang akan mempersiapkan siswa untuk karir masa depan mereka. Peristiwa ini ... -
Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Model Diskusi Kelompok Kecil dengan Menggunakan LKPD pada Muatan IPS Siswa Kelas V di SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Tujuan dari tes ini adalah untuk meningkatkan perilaku siswa dan menunjukkan desain dalam rangka menggarap pengalaman mendidik dan mendidik serta mendapatkan informasi atau pengungkapan yang segar. sebagai penambah pengetahuan ... -
Penerapan Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan Role Playing pada siswa kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang serta pertumbuhan hasil belajar siswa selama pengalaman pendidikan ujian sosial dengan Role ... -
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Pencernaan pada Manusia Kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Riset ini bertikam guna mengetahui kevalidan Lembar Kerja peserta didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing yang di kembangkan. Dalam usaha memperoleh data, maka digunakan metode yaitu Injuri, jenis penelitian, tempat dan ... -
Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Kelas VII di MTs Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Riset berikut memiliki tujuan untuk mengevaluasi apakah pembuatan modul mempelajari biologi yang basisnya materi Ekosistem Kelas VII di Mts Muhammadiyah 1 Malang merupakan ide yang tepat. Berbagai teknik penyelidikan, ... -
Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Lesson Study pada Siswa Kelas VIII SMP Sunan Giri Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran berbasis teknologi yang bertujuan membekali siswa dengan kemampuan abad 21. Keterampilan abad ke-21 meliputi keterampilan 4C. Komunikasinya, kolaborasi, kreativitas, dan berpikir ... -
Pengembagan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Ekosistem Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Kurangnya fasilitas pembelajaran di MTs Muhammadiyah 1 Malang yang hanya menyediakan LKPD yang diproduksi oleh penerbit, menyulitkan siswa dalam belajar dan menyebabkan kecenderungan bosan di kelas, menjadi dasar penelitian ... -
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas VIII di SMP Negeri 2 Dau Satu Atap
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-11-29)Pendidikan adalah usaha yang disengaja dan terencana untuk mewujudkan lingkungan belajar dimana peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya dalam hal kekuatan spiritual keagamaan, pendidikan mandiri, ... -
Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia Kelas VIII di MTS Muhammadiyah 1 Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) validitas modul problem based learning yang dikembangkan. (2) Tanggapan siswa terhadap modul pembelajaran berbasis masalah. Pelatihan memegang peranan penting dalam ... -
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Hasil Belajar IPA Kelas II SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Inspirasi yang melatarbelakangi survey ini adalah untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sumber energi kelas II di SDN Merjosari 4 Kota Malang dengan menerapkan model pembelajaran menyenangkan ... -
Implemetasi Nilai Karakter pada Muatan IPS untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan sikap nasionalisme siswa pada mata pelajaran IPS. Metode Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan ... -
Penggunaan Metode Suku Kata untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDN Tlogomas 2 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggaewi, 2023-09-29)Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode pembelajaran siswa dan dampaknya terhadap hasil belajar membaca pada siswa kelas I di SDN Tlogomas 2, Kota Malang. Metode yang difokuskan dalam penelitian ini ... -
Implementasi Model Problem Solving pada Muatan IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas III SDN Merjosari 3 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Teknik Penjelajahan Kegiatan Balai Kajian (PTK) dengan metodologi ekspresif subyektif. Ini terdiri dari siklus I dan II, dengan setiap siklus memiliki empat tahap persiapan, pelaksanaan, refleksi, dan evaluasi. Selain itu, ... -
Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Permainan Tradisional Gobak Sodor Kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Di kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang permainan tradisional gobak sodor mencakup pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana hal ini terjadi. Penelitian ini ... -
Penerapan Model Role Playing pada Muatan IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Dinoyo 1 Kota Malang
(Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi, 2023-09-29)Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Dinoyo 1 Kota Malang, pendekatan pembelajaran langsung Membayangkan akan ditampilkan dalam evaluasi ini. Pemeriksaan ini menggabungkan taktik realistis abstrak ...