Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik Terkait Izin Pendirian Usaha Rumah Makan (Studi Di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kota Batu)
Abstract
Layanan adalah penyelenggaraan atau pengumpulan yang memenuhi kebutuhan layanan setiap orang dan penduduk atas produk, fasilitas, atau layanan administrasi yang disediakan oleh penyedia layanan publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dalam laporan ini, layanan publik yang berkaitan dengan izin perusahaan restoran dijelaskan dan dianalisis serta faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan persyaratan layanan publik terkait izin usaha restoran diidentifikasi dan dianalisis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penentuan informan penelitian menggunakan purposive sampling. Kepala, pekerja, dan pengusaha merupakan bagian dari informan. Peneliti sendiri dengan bantuan panduan wawancara adalah alat kunci dalam analisis ini. Data dievaluasi berdasarkan eliminasi data, penyajian data, dan kesimpulan Miles dan Huberman (Sugiyono 2015: 246). Triangulasi teknis adalah metode validitas data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persyaratan pelayanan publik Badan Penanaman Modal Kota Batu untuk izin restoran telah berjalan dengan baik.. Hal itu dibuktikan dari adanya sistem yang berbasis online OSS (Online Single Submission) dari pemerintah pusat sehingga masyarakat dengan mudahnya mendaftar izin usaha dengan memanfaatkan alat teknologi melalui www.oss.go.id.
Collections
- Skripsi [635]