Kinerja Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji Kota Batu)
Date
2021-07-29Author
Atok, Hildegardis Bano
Adiwidjaja, I
Fithriana, N
Metadata
Show full item recordAbstract
Kinerja Pemerintah Desa Sumbergondo dapat dilihat dari proses pelayanan administrasi kependudukan terhadap masyarakat dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat yang membutuhkan kinerja pelayanan efektif dan efesien sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat. Tujuan 1) dapat mengetahui kinerja Pemerintah Desa Sumbergondo dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatan kinerja Pemerintah Desa Sumbergondo dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan. Metode digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dilaksanakan dikantor Desa Sumbergondo Kota Batu. Penentuan informan digunakan Purposive sampling, Pengumpulan data menggalikan observasi, wawancara, dokumentasi. analisis data ialah, reduksi data, penyajian data dan menarikan kesimpulan. Keabsahan data dapat digunakan tringulasi. Hasil peneliti menunjukkan kinerja Pemerintah Desa Sumbergondo dari kelima indikator adalah produktivitas sudah baik dapat memberikan pelayanan pada masyarakat, kualitas layanan juga sudah baik, responsivitas juga sudah baik dengan adanya program yang sudah berjalan sesuai aturan yang ada, responsibilitas dalam kinerja pelayanan sudah baik karena proses pelayanan administrasi kependudukan dilakukan dengan cepat yaitu hanya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit. Akuntabilitas sudah baik yang dilihat dari aturan, norma atau perilaku pelayanan yang dikembangkan warga . Faktor pendukung kinerja sudah baik maka adanya aplikasi E-desa yang membantu dalam pembuatan surat keterangan. Faktor penghambat masih kurang dalam perlengkapan surat menyurat seperti: KK, KTP Dan Akta Kelahiran dan sebagainya.
Collections
- Skripsi [635]