Show simple item record

dc.contributor.authorWati, Anyelina Nina
dc.contributor.authorQorib, F
dc.contributor.authorDewi, S.I
dc.date.accessioned2021-03-24T07:56:34Z
dc.date.available2021-03-24T07:56:34Z
dc.date.issued2020-07-29
dc.identifier.urihttps://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/538
dc.description.abstractPentingnya komunikasi pemasaran bagi sebuah pariwisata, membuat banyak pihak pariwisata mulai menerapkan komunikasi pemasaran dengan tujuan agar dapat menarik perhatian masyarakat. Sama halnya dengan Kampung Wisata Kungkuk, komunikasi pemasaran juga diterapkan untuk menarik minat pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran apa yang digunakan oleh Kampung Wisata Kungkuk dalam meningkatkan jumlah pengunjung serta untuk mengetahui apa saja faktor yang menghambat strategi komunikasi pemasaran Kampung Wisata Kungkuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian kualitatif digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci, Pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi (gabungan) sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa hasil wawancara dengan narasumber dan data sekunder berupa arsip dari Kampung Wisata Kungkuk. Hasil dari penelitian ini adalah dalam usaha memperkenalkan Kampung Wisata Kungkuk dan meningkatkan jumlah pengunjungnya, Kampung Wisata Kungkuk melakukan strategi komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan ialah dengan melakukan periklanan menggunakan media sosial Facebook ”Dewiku Jaya” dan juga instagram “Kampungkungkuk”, melakukan promosi penjualan dengan menyediakan paket familiarization.tips, melakukan demonstrasi wisata yang bertemakan edukasi, menjalin relasi yang baik dengan pemerintah, dan para stakeholders serta masyarakat setempat, melakukan penjualan personal dengan mengikuti event table top, dan melakukan pemasaran langsung dengan menjalin relasi terhadap pihak tour and travel melalui media komunikasi. Adapun faktor penghambat dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran pada Kampung Wisata Kungkuk yaitu sumber daya manusia yang masih belum memadai, anggaran dana untuk pengelolaan wisata yang masih belum mencukupi dan kurangnya promosi melalui event. Kesimpulannya walaupun telah melakukan beberapa elemen pemasaran, strategi komunikasi pemasaran Kampung Wisata Kungkuk dianggap belum cukup efektif karena belum maksimal dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran dan hanya melakukan promosi seadanya.en_US
dc.description.sponsorshipYayasan Bina Patria Nusantaraen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tungga Dewi Malangen_US
dc.subjectKomunikasi Pemasaran, Promosi, Kampung Wisata Kungkuken_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Kampung Wisata Kungkuk Untuk Meningkatkan Pengunjungen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0720018903
dc.identifier.nidnNIDN0713018006
dc.identifier.nimNIM2015230009
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI70201#ILMU KOMUNIKASI


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Skripsi [42]
    Skripsi Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Show simple item record