Analsis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Generasi Milenial untuk Berinvestasi pada Reksa Dana (Studi pada Mahasiswa Fakutas Ekonomi UIN Kota Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial dan persepsi risiko secara parsial dan simultan terhadap penilaian investasi reksa dana di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah seratus mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak delapan puluh responden. Salah satu metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi reksa dana, dengan nilai t masing-masing sebesar 3,751 dan 4,865. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media sosial dan persepsi risiko secara bersama-sama memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap penilaian mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Kota Malang terhadap investasi reksa dana. Dengan nilai F hitung sebesar 47,218, pengaruh tersebut dinilai sebesar 55,1%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media sosial dan persepsi risiko mahasiswa dapat memengaruhi keputusan mereka untuk berinvestasi pada reksa dana. Hal ini terutama berlaku bagi mahasiswa usia milenial.
Collections
- Skripsi [742]