Implementasi Pemanfaatan Fitur Instagram Pada "Eiger" Sebagai Aktivitas Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Penjualan
Abstract
Instagram adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, video, dan konten visual lainnya. Instagram juga menawarkan fitur-fitur seperti Instagram Stories, di mana pengguna dapat membagikan informasi Terdapat pula fitur Instagram Live, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung dengan pengikut mereka. Selain membagikan foto dan video, Instagram juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu produk, yang berpengaruh pada penjualan produk. Sehingga peran Instagram sering dimanfaatkan oleh individu, perusahaan, anggota maupun kelompok. Tujuan dari Instagram itu sendiri ialah Memungkinkan pengguna untuk saling interaksi antar pengguna melalui berbagi cerita, pesan dan foto juga video, selain itu juga sebagai media hiburan, pada Instagram kalian dapat menemukan banyak hiburan seru berupa feed, foto, dan video yang menarik, inspirasi, dan bersifat edukatif. Selain itu Instagram merupakan tempat mencari inspirasi dan ide kreatif Dalam penelitian ini peneliti meneliti tentang suatu perusahaan bernama Eiger,( Eiger Flagship Malang Mc) untuk mencari tahu bagaimana aktivitas yang dilakukan oleh pihak Eiger (public relation) dalam meningkatkan penjualan dari produk Eiger itu sendiri. Dalam memanfaatkan Instagram untuk penjualan, aktivitas public relations. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan teknik pengumpulan data pada sumber informan lalu kemudian dianalisis untuk mencari tahu tentang aktivitas public relation dalam penerapannya sehingga berpengaruh pada jumlah dan menaikan penjualan dari produk Eiger Flagship Malang Mc. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan dua jenis sumber data yakni data primer dan sekunder yang terfokus pada “implementasi pemanfaatan fitur Instagram pada produk Eiger, sebagai aktivitas marketing public relations dalam meningkatkan penjualan”. Jenis sumber data dalam penelitian ini ialah wawancara, pengamatan atau observasi, dan arsip data. Teknik analisis data dalam penelitian ini iaalah dengan menggunakan tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan teknik keabsahan data mengungkapkan kebenaran yang objektif. Dan yang terakhir ialah wawancara dilakukan oleh manajer, pemilik toko, dan konsumen sebagai teknik pengumpulan data untuk mengumpulkan semua jenis informasi yang ada.
Collections
- Skripsi [176]