Perilaku Komunikasi Pedagang dan Pembeli Pasar Landungsari Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian dengan judul “Perilaku Komunikasi Pedagang Dan Pembeli Pasar Landungsari Pada Masa Pandemi Covid-19” merupakan upaya untuk memahami perilaku komunikasi di antara pedagang dan membeli di pasar Landungsari pada masa Covid-19. Sebab Kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan para pedagang dan pembeli di pasar tradisional untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga terjadi perubahan perilaku komunikasi. Tujuannya dari riset berikut yaitu untuk mengetahui perilaku komunikasi antara pedagang dan pembeli di pasar Landungsari pada masa pandemi Covid-19.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data memakai observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan meliputi perpanjangan keikutsertaan, triangulasi penyidik (pengecekan sejawat) dan uraian rinci. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Pergeseran perilaku komunikasi antara sebelum dan sesudah wabah Covid-19 di pasar Landungsari dapat diketahui dari analisis, penyajian data, dan diskusi. Komunikasi verbal dan nonverbal sama-sama mengalami perubahan akibat mewabahnya Covid-19 di Pasar Landungsari. Perilaku komunikasi verbal pedagang dan pembeli di pasar Landungsari yaitu perubahan level suara, pengurangan durasi percakapan, penggunaan catatan tertulis, himbauan pembayaran uang pas dan penggunaan teknologi whatsapp serta pasar.id. Sedangkan bentuk perilaku komunikasi non verbal yaitu penggunaan bahasa tubuh, penggunaan tanda dan penggunaan tindakan atau perbuatan.
Collections
- Skripsi [176]