Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi Risiko, Penggunaan Shopeepay, Terhadap Minat Menggunakan Shopee Paylater
Abstract
Untuk terus meningkatkan jumlah pengguna Shopee PayLater agar dapat memenangkan persaingan pasar khususnya di bidang kredit Online (PayLater). diperlukan sebuah media perantara yang dapat memicu minat masyarakat untuk menggunakan PayLater, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Risiko terhadap Shopeepay pada masyarakat diharapkan akan mendekatkan masyarakat pada Shopee dan memicunya untuk menggunakan fitur Shopee PayLater.Penelitian dilakukan secara online menggunakan kuesioner yang disebar ke berbagai responden yang sesuai di Indonesia. responden berjumlah 100 orang berdasarkan rumus unknown population sampling, menggunakan pemilihan purposive sampling. Pendekatan Kuantitatif menjadi metode yang digunakan pada penelitian ini. adanya variabel Penggunaan Shopeepay sebagai variabel intervening membuat Analisis Jalur (Path Analysis) sebagai analisis penelitian yang sesuai. Hasil penelitian model I, secara parsial nilai t-hitung Variabel X1 2,216. X2 3,902. X3 2,671 dengan nilai signifikansi 0,05, ketiga nilai tersebut lebih besar dari nilai t-tabel (1,985). Penelitian Model II, secara parsial nilai t-hitung Variabel X1 (2,852), X2 (2,094), X3 (2,213), dan Y (2,309) dengan nilai signifikansi 0,05, keempat nilai tersebut lebih besar dari nilai t-tabel (1,895). Pada Koefisien Determinasi menunjukkan nilai 0,525. Didapati nilai pengaruh tidak langsung (0,534) lebih besar dari nilai pengaruh langsung (0,389).Sehingga dapat dibuktikan bahwa Persepsi Kemudahan Penggunaan (X1), Persepsi Manfaat (X2), dan Persepsi Risiko (X3), berpengaruh terhadap Minat Menggunakan Shopee PayLater (Z), melalui Penggunaan Shopee. Diharapkan industri ritel daring terus memberikan nilai kemudahan, kebermanfaatan, dan bebas risiko, agar dapat terus menarik minat masyarakat untuk menggunakan produknya
Collections
- Skripsi [742]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Persepsi Kemudahaan Penggunaan, Persepsi Resiko Penggunaan, dan Persepsi Manfaat Penggunaan terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) (Study Kasus pada Pelanggan Warteg Citra Baru Bahari Kota Malang)
Lukman, F; Susanto, RY; Askiyanto, M (Fakultas Ekonomi dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2023-06-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi keuntungan, persepsi risiko, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap pilihan konsumen untuk menggunakan uang elektronik Quick Response Code Indonesian Standard ... -
Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Financial Technology (Penggunaan OVO) Pada Pelaku UMKM di Kecamatan Lowokwaru
Luhur, L; Askiyanto, M; Rifa'i, M (Fakultas Ekonomi dan Universitas Tribhuwana Tungga Dewi Malang, 2022-11-29)Perkembangan teknologi berperan penting dalam memudahkan transaksi menggunakan online, diantaranya financial technology yang berkembang yaitu OVO. Riset berikut memiliki tujuan rasa ingin tahu terkait berpengaruh persepsi ... -
Analisis Pengaruh Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Risiko terhadap Minat Menggunakan ShopeePay (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2021-2023 Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang)
Saleh, R; Lestari, E; Susanti, RAD (Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2024-08-29)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dan menganalisis bagaimana persepsi risiko dan kepercayaan memengaruhi minat dalam menggunakan ShopeePay. Satu variabel dependen dan dua variabel independen digunakan dalam ...