Show simple item record

dc.contributor.authorJansen, Arsenius
dc.contributor.authorArifianto, AK
dc.contributor.authorWijaya, HS
dc.date.accessioned2021-03-25T07:51:21Z
dc.date.available2021-03-25T07:51:21Z
dc.date.issued2021-03-08
dc.identifier.isbnKODEPRODI22201#TEKNIKSIPIL
dc.identifier.urihttps://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/547
dc.description.abstractBalok merupakan elemen struktur yang sangat penting di suatu bangunan. Dalam perencanaan konstruksi balok direncanakan kuat menahan gaya-gaya yang mungkin akan terjadi sesuai perhitungan beban, baik berupa gaya vertikal maupun gaya horizontal. Balok merupakan struktur lentur yang mempunyai karakteristik yang sangat rumit karena banyak gaya-gaya yang diterimanya sehingga rawan terjadinya kerusakan. Perbandingan perencanaan jembatan struktur jembatan tipe balok T dengan jembatan struktur komposit dengan tetap memperhitungkan kekuatan pada struktur jembatan dengan memperhitung biaya yang efisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan struktur jembatan tipe balok dengan struktur tipe komposit dan juga untuk mengetahui biaya diperlukan dalam perencanaan struktur jembatan tipe balok dengan tipe komposit pada jalan Emerald Kota Malang. Adapun metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data primer dan data sekunder. Menentukan jenis sub struktur balok yang akan dipakai. Pada tahap ini mulai dilakukan perhitungan data yang diperlukan untuk merencanakan metode pelaksanaan, yaitu Perhitungan kekuatan struktur tipe balok T dengan komposit, Perhitungan biaya pada sub struktur balok t dengan komposit. Dalam pembahasan struktur balok jembatan yang berada di jalan Emerald Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang diantaranya sebagai berikut struktur Jembatan tipe balok T ini direncanakan dengan bentang 14,5 m dan lebar lalu lintas 6 m, lebar trotar 0,60 m, jarak antara girder 1.50 m, lebar girder 0,40 m, tinggi girder 0,80 m, sedangkan untuk dimensi diafragmanya lebar diafragma 0,30 m, tinggi diafragma 0,40 m, dengan menggunakan mutu beton K- 275, kuat tekan beton 22,83 Mpa. 2. Tulangan utama balok menggunakan tulangan 23 ø 25, sedangkan untuk tulangan geser menggunakan Ø 13- 125, dengan menggunakan mutu beton K- 275 kuat tekan beton = 24,9 Mpa. 3. sedangkan untuk struktur jembatan tipe balok komposit ini dengan panjang jembatan 14,5 M dan lebar 7,20 M, jarak antara baloknya 1,50 m, lebar trotoar 60 cm, lebar lalu lintas 6 M. Menggunakan bahan struktur mutu baja BJ 60, mutu betonya K 275,profil baja yang dipakai adalah 700.300.15.28. Total biaya yang diperlukan untuk pembangunan struktur jembatan tipe balok T ini adalah = Rp. 160.369.207,03. sedangkan untuk total biaya struktur jembatan tipe komposit ini adalah sebesar = Rp.441.198.504,40. Dari hasil pembahasan kedua tipe balok tersebut, dan yang akan dipilih adalah struktur jembatan tipe balok T.en_US
dc.description.sponsorshipYayasan Bina Patria Nusantaraen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewien_US
dc.subjectPerbandingan Balok T Dengan Balok Komposit Pada Struktur Jembatanen_US
dc.titlePerbandingan Sub Struktur Jembatan Antara Tipe Balok T Dengan Komposit Pada Jl. Emerald Kota Malangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0012117601
dc.identifier.nidnNIDN0709089201
dc.identifier.nimNIM2016520029


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Skripsi [173]
    Skripsi Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Sipil

Show simple item record