Show simple item record

dc.contributor.authorPinensius, P
dc.contributor.authorRinata, AR
dc.contributor.authorWidodo, HP
dc.date.accessioned2023-07-12T07:25:47Z
dc.date.available2023-07-12T07:25:47Z
dc.date.issued2023-06-29
dc.identifier.urihttps://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/2884
dc.description.abstractSalah satu daya tarik wisata Kabupaten Sintang ialah wisata budaya khususnya Rumah Betang Ensaid Panjang. Rumah Betang Ensaid Panjang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sintang yang memiliki daya tarik dan ciri khas pada Brand nya yaitu Kain Tenun. Pada aktivitas komunikasi pemasaran pariwisata pada Brand wisata ini, peneliti mengimplementasikan tahapan Destination Branding sebagai strategi. Diantara aktivitas yang efektif untuk memperkuat Branding dengan melakukan kegiatan promosi melalui media sosial seperti membuat Website, Instagram serta merancang Film Dokumenter. Untuk mengembangkan potensi pariwisata Rumah Betang Ensaid Panjang diperlukan adanya Destination Branding yang tujuan dan manfaat tugas akhir ini ialah mampu memberi dampak positif dengan menambah wawasan, memberi pengalaman, dan memberi kesempatan terutama pada mahasiswa, masyarakat, dan wisatawan untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan mempromosikan tempat liburan Rumah Betang Ensaid Panjang harus dipromosikan sebagai tempat wisata agar masyarakat umum lebih mengetahuinya. Ini akan membantu ekonomi lokal dan mendatangkan lebih banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah. Tugas akhir ini dilaksanakan pada bulan September sampai Januari di Rumah Betang Ensaid Panjang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Sumber data yang diperoleh yakni data primer melalui wawancara yang bersumber dari pengurus dan masyarakat Rumah Betang Ensaid Panjang Serta data sekunder yang didapatkan pada buku, arsip dan jurnal. Riset berikut memakai metode penelitian deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data menggunakan observasi dengan mengamati dengan langsung turun ke lokasi tugas akhir sebagai objek yaitu Rumah Betang Ensaid Panjang.Wawancara secara terstruktur dengan mempersiapkan daftar pertanyaan yang sudah ditentukan. Wawancara dilakukan bersama dengan informan yakni pengurus dan masyarakat Rumah Betang Ensaid Panjang.Studi Pustaka/Dokumentasi setiap kegiatan sangat penting untuk di dokumentasi sebagai bahan laporan Tugas Akhir. Hasil peneliti ini ialah peneliti menggunakan tahapan Destination Branding Dalam pengelolaan wisata budaya Rumah Betang Ensaid Panjang melalui tiga tahapan yakni pembuatan Website pada panjang, Instagram pada akun @rumahbetang.ensaid panjang, dan merancang Film Dokumenter sebagai media informasi dan promosi serta agar dapat meningkatkan jumlah pengunjung serta meningkatkan kualitas wisata budaya Rumah Betang Ensaid Panjang sebagai tujuan wisata di Kabupaten Sintang.en_US
dc.description.sponsorshipYayasan Bina Patria Nusantaraen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewien_US
dc.subjectDestination Branding, Wisata Budaya Rumah Betang Ensaid Panjangen_US
dc.titleDestination Branding Rumah Betang Ensaid Panjang Sebagai Wisata Budayaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0726099202
dc.identifier.nidnNIDN0722118003
dc.identifier.nimNIM2018230101
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI70201#ILMUKOMUNIKASI


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Skripsi [175]
    Skripsi Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Show simple item record