Show simple item record

dc.contributor.authorGufran, G
dc.contributor.authorWidodo, HP
dc.contributor.authorQorib, F
dc.date.accessioned2022-12-21T07:50:56Z
dc.date.available2022-12-21T07:50:56Z
dc.date.issued2022-12-29
dc.identifier.urihttps://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/2181
dc.description.abstractPada era modern ini perkembangan teknologi terus semakin pesat dan banyak membawa perubahan, salah satu contoh perubahan yang ada yaitu dengan munculnya game online. Munculnya game tersebut menghasilkan sudut pandang positif dan negatif pada kalangan masyarakat, dan memunculkan kesamaan perilaku serta kesamaan minat pada diri seseorang. Game online telah dimainkan oleh berbagai kalangan dan kini diindikasikan sebagai penyebab menurunnya prestasi akademik, hal lain mengindikasikan sebagai gelar yang menghasilkan uang. Hal ini memicu seorang gamers untuk memberikan kesan yang baik serta memperlihatkan identitas dirinya pada orang lain. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui identitas sosial gamers di kota Malang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan maksud penelitian ini untuk menemukan identitas sosial gamers di Indonesia dan proses terbentuknya identitas sosial gamers di Indonesia melalui pendekatan strata sosial. Teknik yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan alat perekam dan interview guide sebagai penunjang kebutuhan di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di kota Malang melalui penarikan informan secara kebetulan serta memenuhi kriteria yang sudah ditentukan oleh peneliti, seperti menyukai game online, pernah mengikuti turnamen dan bermain lebih dari 5 jam dalam sehari. Melalui pandangan Richer tentang proses terbentuknya identitas sosial, bermula pada proses pencurahan perhatian seseorang pada aspek-aspek kognitif yang mendasari proses kategorisasi sehingga melahirkan prilaku-perilaku tertentu dalam suatu kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas sosial bermula dari identitas individu gamer yang didasari oleh sifat dan kognisi. Adapun identitas sosial gamers antara lain adalah gamers sebagai gelar, gamers adalah profesi, visual non-verbal gamers, bahasa gamers, interaksi gamers, dan solidaritas gamers. Dengan demikian, identitas sosial gamers melahirkan niat dan tekad yang kuat pemain game untuk menjadi atlet e-sport, proplayer, dan youtuber gamingen_US
dc.description.sponsorshipYayasan Bina Patria Nusantaraen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewien_US
dc.subjectGame online, gamers, Identitas sosial.en_US
dc.titleIdentitas Sosial Gamers Di Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0722118003
dc.identifier.nidnNIDN0720018903
dc.identifier.nimNIM2015230028
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI70201#ILMUKOMUNIKASI


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Skripsi [175]
    Skripsi Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Show simple item record