Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Heidy Maharani Kartika
dc.contributor.authorRifa'i, Muhammad
dc.contributor.authorSusanti, Rizki Aprilia Dwi
dc.date.accessioned2020-11-30T01:46:54Z
dc.date.available2020-11-30T01:46:54Z
dc.date.issued2020-11-29
dc.identifier.urihttps://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/188
dc.description.abstractPada saat ini, perkembangan dunia usaha yang telah terjadi mengindikasikan adanya persaingan yang semakin mengarah pada penguasaan pasar secara luas. Oleh karena itu, perusahaan harus mendapat pasar yang luas dengan metode strategi pemasaran yang telah dikuasainya dengan baik. Salah satu perusahaan yang bisa menerapkan strategi pemasaran dalam menarik minat konsumen adalah mini market. Terfokus pada strategi pemasaran produk, strategi pemasaran dilakukan guna meningkatkan volume penjualannya, dan dalam kegiatan pemasaran selalu ada dalam setiap usaha baik usaha yang berorientasi profit maupun usaha-usaha sosial. Dalam kegiatan pemasaran, mini market harus menetapkan konsep pemasarannya, karena konsep pemasaran yang digunakan dalam pemasaran menentukan tujuan-tujuan dari pemasaran itu sendiri. Kegiatan pemasaran merupakan hal yang paling diperhatikan dalam suatu bisnis ritel seperti mini market. Bagi suatu mini market, konsep pemasaran yang cocok adalah konsep pemasaran yang bersifat kemasyarakatan karena kondisi pasar -sekarang adalah pasar pembeli, maka pelanggan adalah segala-galanya. Hal ini juga dilakukan secara intensif oleh Indomaret Hasyim Asy'ari Kota Pasuruan. Indomaret tersebut berada di kawasan padat penduduk dan mempunyai jarak antar pesaing yang cukup dekat, salah satunya adalah Alfamart. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu strategi agar omset pendapatan dan penjualan indomaret tersebut meningkat, dan konsumen semakin banyak berbelanja di Indomret Hasyim As'yari. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT yang meliputi aspek Strength, Weakness, Opportunity and Threatment dan analisis Iaju pertumbuhan pendapatan. Berdasarkan hasil analisis SWOT dan analisis Iaju pertumbuhan, diperoleh informasi sebagai berikut: Analisis Perkembangan Volume Penjualan pada toko Indomaret Hasyim As' ari Berikut tabel dari hasil penjualan Mini Market Indomaret Hasyim As'ari, dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 yang terus menggalami peningkatan. Tabel.1 laju Pertumbuhan Omset Penjualan Indomaret Tahun Jumlah Penjualan Pertumbuhan (Dalam +/-) (Dalam %) 2017 Rp. 710.000.000 Rp. - - 2018 Rp. 725.000.000 Rp. 15.000.000 2,11 % 2019 Rp. 750.000.000 Rp. 25.000.000 3,44 % Berdasarkan tabel diatas, diketahui bahwa hasil penjualan ditoko Indomaret Hasyim As'ari mulai dari tahun 2017 hingga tahun 2019 terus menggalami kenaikan sebesar 2,1 1 %, 3.44%. Hal ini karena beberapa faktor seperti tempat yang strategis yaitu di pinggir jalan raya sehingga masyarakat mudah mengetahuinya dan juga dekat -dengan permukiman rumah peduduk. Hal ini merupakan pertanda yang baik bagi strategi pemasaran yang dilakukan toko Indomaret Hasyim As'ari dalam menarik minat masyarakat untuk berbelanja di tempat ini, selain itu pelayanan sudah sangat baik, juga terdapat promosi harga serta penambahan produk. Hal ini terjadi karena hasil kerja keras yang dilakukan oleh manajemen toko Indomaret Hasyim As' ari dalam hal promosi dan Juga masyarakat telah lebih menggenal Indomaret itu sendiri. Analisis SWOT Strategi Pemasaran toko Indomaret Hasyim As'ari Analisis SWOT sangat diperlukan dalam menyusun strategi pemasaran. Tujuannya adalah untuk menyususn strategi- strategi jangka panjang sehingga arah dan tujuan perusahaan dapat tercapai dengan cara membandingkan antara faktor internal perusahaan dan eksternal perusahaan. l. Kekuatan (Sterngths) strategi pemasaran Indomaret Hasyim As' ari . Lokasi toko yang strategis. Toko Indomaret Hasyim As'ari terletak di pinggir jalan raya dengan permukiman padat penduduk, sehingga memudahkan bagi calon konsumen untuk menggetahui tempat tersebut. Barang-barang yang dijual terjamin kualitasnya, dan memenuhi standar dan tidak kadaluwarsa. Juga diperlukan informasi tambahan berupa bersetifikat halal dari MUI. Aplikasi I-saku. Aplikasi I-saku merupakan strategi dari Indomaret untuk memudahkan pelanggannya dalam melakukan transaksi pembayaran. Kebersihan dan Kemudahan dalam mencari barang. Kebersihan dan penataan barang sangat baik sehingga pelanggan dapat mudah dalam mencari barang-barang yang dibutuhkan. Keramahan dan keserasian seragam pegawai toko Indomaret Hasyim As'ari. Para pegawai selalu siap untuk membantu pelanggan yang membutuhkan bantuan. 2. Kelemahan (Weaknesses) strategi pemasaran toko Indomaret Hasyim As'ari adalah: Promosi yang dilakukan masih belum maksimaL Hal ini dapat dilihat dari promosi iklan yang dilakukan oleh toko Indomaret Hasyim As'ari yang hanya menyebar leaflet dilingkungan yang sama setiap minggunya. 3. Peluang (Opportunities) strategi pemasaran toko Indomaret Hasyim Ass ari: Indomaret adalah waralaba mini market yang sudah mempunyai nama dan terkenal di seluruh Indonesia. Haln ini tentunya juga sangat menguntungkan Indomaret Hasyim As'ari Kota Pasuruan. • Disekitar toko Indomaret Hasyim As'ari banyak pemukiman rumah penduduk. • Kebutuhan masyarakat akan barang-barang yang semakin kompleks. • Belum ada mini market yang konsepnya sama dengan toko Indomaret Hasyim As'ari di daerah tersebut, 4. Ancaman (Threats) strategi pemasaran toko Indomaret Hasyim As'ari: Banyaknya pesaing. Pesaing yang sudah ada di daerah tersebut seperti alfamart, yang para pesaingnyå sudah dikenal luas oleh masyartdcat, jarak yang tidak terlalu jauh dari toko indomaret Hasyim As'ari dan memiliki dana _yang besar. Daya beli masyarakat menurun apabila terjadi kenaikkan harga-harga barang-barang kebutuhan pokok serta stock barang yang cepat habis menjadikan pelanggan beralih berbelanja ke toko lain. 5. Alternatif strategi. Berdasarkan keterangan (data) tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancamandiatas, maka toko Indomaret Hasyim As'ari dapat menggambil strategi-strategi sebagai berikut : -Strategi (l) =SO Setelah melihat kekuatan dari toko Indomaret Hasyim As'ari, dapat melengkapi barangbarang yang belum ada pada saat ini dan membuat program-program yang baru untuk menarik minat masyarakat. -Strategi (2) = ST Toko Indomaret Hasyim As'ari dapat kelemahan dengan tetap menjaga dan meningkatkan pelayanannya kepada pembeli, membina hubungan yang baik dengan pelanggan yang sudah ada dan dalam menentukan harga, harga dilndomaret Hasyim As'ari harus dapat bersaing dengan pesaing. -Strategi (3)= WO Toko Indomaret Hasyim As'ari dapat meminimalkan kelemahannya dengan melakukan pelatihan terhadap karyawannya sehingga karyawannya mampu melakuakn pemasafan dan tidak hanya menggerjakan tugas yang ada, melakukan promosi yang tidak memerl ukan biaya yang besar misalkan melalui mulut ke mulut, dan membuat citra yang baik di hadapan pelanggan melalui penawaran produk disetiap harinya. -Strategi (4) =WT Untuk mengatasi masalah kelemahan dan ancaman toko Indomaret Hasyim As'ari dapat melakukan penyebaran leaflet lebih luas lagi. Berdasarkan pembahasan diatas , dapat ditentukan berbagai kemungkinan alternatif strategi yang dapat diambil oleh toko Indomaret Hasyim As'ari , dalam hal ini perusahaan dapat mengambil strategi-strategi dalam melakuakn kegiatan pemasarannya sebagai berikut hasil SWOT. a. Memperluas jaringan distribusinya. b. Tetap mempertahankan dan memelihara pelayanan. c. Tetap menjaga kualitas pelayanan misalnya menjaga hubungan baik dengan pelanggan. d. Menjunjung tinggi visi dan misi Indomaret, menjaga prinsip perusahaan serta tidak melakukan persaingan bisnis yang merugikan banyak pihak e. Melakukan promosi seperti penyebaran leaflet, pemasangan sarana diluar maupun didalam toko serta melakukan promosi setiap harinya.en_US
dc.description.sponsorshipYayasan Bina Patria Nusantaraen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewien_US
dc.subjectAnalisis SWOT, Strategi Pemasaran, Pelayanan, Toko Indomareten_US
dc.titleStrategi pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0701017401
dc.identifier.nidnNIDN0720649101
dc.identifier.nimNIM2016120209
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI61201#MANAJEMEN


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Skripsi [651]
    Skripsi Mahasiswa Program Studi Manajemen

Show simple item record