Show simple item record

dc.contributor.authorSusar, JR
dc.contributor.authorQorib, F
dc.contributor.authorFianto, L
dc.date.accessioned2022-09-20T07:25:49Z
dc.date.available2022-09-20T07:25:49Z
dc.date.issued2022-09-29
dc.identifier.urihttps://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/1702
dc.description.abstractPenggunaan media sosial Tik Tok berkembang dengan pesat dan banyak dikenal masyarakat Indonesia termasuk mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi dalam kehidupan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami motif dan perilaku pengguna media sosial Tik Tok pada kalangan mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Hal ini dalam kaitanya dengan mengetahui tujuan dan aktivitas dalam pemanfaat media sosial Tik Tok oleh penggunanya terutama mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian merupakan mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi yakni pengguna aktif media sosial Tik Tok dan berlokasi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Fokus penelitian pada motif dan yakni dalam menggunakan media sosial Tik Tok. Jenis serta sumber data yakni primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data terdiri dari credibility, dependability, dan transferability. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: berdasarkan hasil analisis data menggunakan teori uses and gratification, alasan informan untuk menggunakan media sosial Tik Tok adalah motif hiburan dan motif informasi serta untuk mengikuti trend masa kini. Selain itu juga menggunakan media sosial Tik Tok untuk berinteraksi dan menjalin serta memperluas pertemanan di media sosial Tik Tok. Sedangkan motif identitas pribadi yakni terdapat mahasiswa yang merasa bahwa menggunakan media sosial Tik Tok dapat menambah nilai diri tetapi sebagian mahasiswa juga yang merasa Tik Tok tidak memberikan dampak terhadap dirinya, karena Tik Tok hanya sebagai media hiburan lewat informasi dan untuk berinteraksi saja. Sedangkan perilaku mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi dalam menggunakan media sosial Tik Tok terdapat beberapa perilaku mahasiswa yakni utilitas yang berkaitan dengan mereka menggunakan tik tok untuk mencapai tujuan spesifik seperti mencari hiburan dan informasi. Kemudian intensionalitas yakni mereka menggunakan fitur tik tok untuk memenuhi motivasi awal pada utilitas. Selanjutnya selektivitas yakni berkaitan dengan mereka memilih isi dari media sosial tik tok. Terakhir adalah pengaruh untuk bertahan yakni mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi bertahan dengan pemaknaan terhadap pilihannya terkait isi media Tik Tok untuk memenuhi kebutuhan personal identitasnya.en_US
dc.description.sponsorshipYayasan Bina Patria Nusantaraen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewien_US
dc.subjectMotif, Perilaku, Media Sosial, Tik Token_US
dc.titleAnalisis Motif dan Perilaku Pengguna Media Sosial “Tik Tok” (Studi Analisis Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0720018903
dc.identifier.nidnNIDN0716119102
dc.identifier.nimNIM2017230032
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI70201#ILMUKOMUNIKASI


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Skripsi [175]
    Skripsi Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Show simple item record