Show simple item record

dc.contributor.authorWahyuniarti, Sella Dwi Lestari
dc.contributor.authorS, Rusmiwari
dc.contributor.authorRohman, Abd
dc.date.accessioned2020-08-14T02:50:52Z
dc.date.available2020-08-14T02:50:52Z
dc.date.issued2020-07-29
dc.identifier.urihttps://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/152
dc.description.abstractEfektivitas yaitu ukuran yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar suatu target, baik waktu, kualitas, dan kuantitas yang sudah tercapai. Dalam hal ini semakin tinggi target yang dicapai maka semakin tinggi juga efektifitasnya. Penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas pelayanan prima dan pelayanan izin usaha tersebut. Jenis penelitian yg digunakan dalam ini adalah Penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang didapat dari data primer dan data sekunder. Penentuan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Setelah data tersebut diperoleh, maka data itu dianalisis secara kualitatif melalui reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menyimpulkan penerapan pelayanan prima oleh petugas pada Dinas Penanaman Modal PTSP Kota Batu masih belum efektif karena penerapan A6 dalam setiap pelayanan yang mencakup Attitude, Attention, Action, Ability, Appearance, dan Accountability tidak berjalan dengan baik. Akan tetapi selaku atasan Sekretariat Dinas Penanaman Modal PTSP Kota Batu selalu memberi himbauan dan mengingatkan petugas bahwa kepuasan pelanggan adalah tolak ukur dari efektivitas pelayanan prima. Kemudian dalam proses pelayanan izin usaha masih terdapat banyak kendala, pelayanan yang diberikan oleh petugas di Dinas Penanaman Modal PTSP Kota Batu seharusnya bisa lebih baik. Tingkat disiplin dalam bekerja harus lebih ditingkatkan lagi agar penerapan pelayanan prima dan pelayanan izin usaha di Dinas Penanaman Modal PTSP Kota Batu dapat berjalan dengan baik sehingga dapat tercapainya kepuasan pelanggan. Saran Diharapkan penelitian ini sebagai masukan bagi peningkatan kemampuan pegawai di Dinas Penanaman Modal PTSP Kota Batu, khususnya dalam meningkatkan efektivitas pelayanan prima dalam pelayanan izin usaha terhadap publik. Memperluas pengetahuan dan dijadikan acuan dalam melakukan penelitian di bidang efektivitas pelayanan prima dan pelayanan izin usaha. Penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan, sumber informasi, dan referensi penelitian selanjutnya tentang efektivitas pelayanan prima dan pelayanan izin usaha. Dan bagi prodi administrasi publik diharapkan bisa memberikan sumbangan pengetahuan pada bidang pelayanan perizinan bagi Program Studi Ilmu Administrasi publik dan bagi peneliti lainnya yang tertarik untuk meneliti kembali secara lebih mendalam tentang efektivitas pelayanan prima dan pelayanan izin usaha.en_US
dc.description.sponsorshipYayasan Bina Patria Nusantaraen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unversitas Tribhuwana Tunggadewi Malangen_US
dc.subjectefektivitas;ijin usaha;pelayanan primaen_US
dc.titleEfektivitas Pelayanan Prima Dalam Pelayanan Izin Usaha (Studi Di Dinas Penanaman Modal PTSP Kota Batu)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0019095902
dc.identifier.nidnNIDN0720048607
dc.identifier.nimNIM2016210158
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI63201#ADMINISTRASI PUBLIK


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Skripsi [604]
    Skripsi Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara

Show simple item record